Dhika Anugerah Blog

Orangnya asik kok, gak banyak nuntut. Baca aja dulu kalo suka makasih yah kalo belum suka yah baca lagi :)

Kadang Kenyataan Gak Sesuai Harapan

   “nggguuuukkkk....” “ngguuukkkk....”  Pagi itu hape Esia gue berdering pertanda ada SMS yang masuk, gue yang masih tidur dengan berat hati bangun dan terpaksa ninggalin mimpi gue yang lagi maen karambol bareng Megan Fox. Sambil ngumpulin nyawa gue yang tercecer dilangit-langit kamar ,gue coba perlahan nyari hape gue yang ternyata ada di selipan ketek gue sendiri. Dalam keadaan yang tertatih-tatih gue buka SMS yang masuk dari temen gue yang sama-sama pake Hape Esia. Kebetulan di zaman itu Esia menyandang gelar sebagai “Hape Sejuta Umat”, dari mulai pejabat, karyawan, pedagang, tukang sapu, sampe pejabat yang suka nyapu punya Hape Esia. Pas gue baca baca ternyata isinya cuma “Slmt yh u lls”, setelah baca itu secara reflek gue ngemut-ngemut layar Hape gue karna ngerasa jengkel sama SMS yang udah ngeganggu jam tidur gue, ditulis secara singkat dan padat. Pada masa itu tarif SMS kesesama pengguna Esia memang dihitung per karakter jadi semakin singkat SMS semakin murah tarif yang lo keluarin, dan dengan teori tersebut gue belom pernah ngeliat ada orang yang naek haji karna menghemat pengeluaran pulsanya.  Abis gue baca SMS itu, gue pun melanjutkan mimpi maen karambol yang kemudian dilanjut makan nasi liwet bareng Megan Fox yang sempet tertunda sejenak.

   Karna kesadaran gue masih belum normal, jadi gue belum terlalu “ngeh” kalo itu info pengumuman gue lulus UN SMP. Sampe pada akhirnya mimpi gue sampe pada tahap ngobrol bareng Megan Fox yang tiba-tiba suaranya berubah jadi kayak knalpot motor racing zaman orde baru. Gue pun sadar kalo itu suara nyokap gue yang manggil-manggil gue dari lantai bawah rumah gue. Suara nyokap gue emang rada Fals dan cempreng,tapi itu gak ngurangin makna ungkapan-ungkapan sayang dia yang tulus ke gue.  Gue pun beranjak dari tempat tidur gue yang mulai basah sama keringet gue akibat mimpi bareng Megan Fox tadi, hhhuuufffttttt .
  
   “Noh didepan ada tukang pos ngirim surat buat lu. ”
                 
   “Kenapa mamah gak terima ajah??? ”
                 
   “Gak ahh dia masih terlalu baik buat mamah.”

   Setelah nyokap gue jawab gitu tiba-tiba terdengar suara petir yang ternyata suara perut gue yang masih kosong karna belum sarapan. Gue pun bergegas buat nemuin si Tukang Pos di depan pintu rumah.Si  Tukang Pos ngasih gue selembar amplop dan minta tanda tangan gue di secarik kertas yang dia bawa. Tanpa gue periksa lagi gue pun langsung menandatangani kertas yang isinya bukti  kalo surat yang dia antar udah gue terima. Pada saat itu perasaan gue campur aduk antara tegang dan penasaran, walaupun tadi pagi gue udah nerima pemberitahuan gue lulus dari temen gue lewat Hape, tapi gue belom tau berapa nilai kelulusan yang gue dapet dari UN. Karna orang tua gue ngasih target gue harus lulus dengan nilai yang lumayan dan gak boleh masuk sekolah swasta, jadi mau gak mau nilai yang gue dapet harus tinggi buat ngindarin masuk sekolah swasta.

    Disamping gue udah ada nyokap gue yang harap-harap cemas nunggu mau ikut liat hasil UN, Gue menoleh kebelakang disitu ada bokap gue yang sedari tadi siap dengan tongkat besi yang biasa dipakai nya buat mecahin es batu , lalu disampingnya udah ada adek-adek gue yang mendadak bawa pom-pom lalu nari
ala cheerleader buat nyemangatin gue. Gue mulai buka amplop yang dikirim sama tukang pos tadi, setelah gue pikir-pikir ada sedikit kejanggalan terhadap amplop yang cuma berisi surat  pemberitahuan lulus doang, tapi ukuran amplopnya agak sedikit besar. Setelah gue buka amplopnya seisi rumah pun terkejut karna ternyata isi dari amplop tersebut adalah hasil USG dengan selembar kertas bertulis “Selamat Mas anak kita laki-laki”. Mendadak gue liat kesamping nyokap udah tergolek lemah dengan tangan yang diinfus dan hidung yang dipasang selang oksigen, dibelakang gue liat bokap gue mulai mukul-mukul kepalanya dengan tongkat besi yang dia pegang tadi.

    Gue yang panik mencoba menenang kan situasi dengan berusaha melakukan klarifikasi ke orang tua gue sambil nari perut. “Mah ... Pahh.... Ini gak seperti yang kalian kira ....” kata gue ke orang tua gue mencoba menangkan keadaan. “Dasar anak kurang ajarrrrrr ... Gue mati-matian nyariii duittt buatttt nyekolahin lo ternyata beginiii kelaakuuann lo !!!“  kata bokap gue dengan raut wajah dan nada yang penuh emosi ke gue sambil mengacungkan tongkat besi nya tadi kearah gue. Adek-adek gue pun langsung lari kekamar mandi dan nangis kejer sambil buang air kecil ngeliat situasi yang mulai chaos.

   Sampe akhirnya tukang pos tadi datang kembali dengan wajah cool dan merona, seolah gak nampak kesalahan yang udah dia perbuat dan nyaris mencederai nama dan imej baik gue di mata keluarga yang hampir tercoreng. “Maaf mas itu hasil USG Istri saya di kampung.” ujar sang tukang pos kalem sambil nunjuk amplop yang berisi hasil USG tadi terus ngasih amplop putih yang berukuran lebih kecil. “Ahhh masss gimana sihhh !!! Hampir aja kita semua salah faham.” gue kasih amplop yang berisi hasil USG tadi sambil menukarnya dengan amplop putih yang dikasih sama tukang Pos.

   Kali ini gue gak mau salah lagi, gue coba cek nama si pengirim dan alamat yang dituju dan akhirnya benar . Si tukang pos pun gak mau kalah dia juga ngecek amplop hasil USG istrinya di kampung, namun kali ini malah si tukang pos yang terlihat sangat kebingungan. Gue agak risih karna si Tukang Pos ini belum juga mau beranjak dari depan pintu rumah gue, dan gue pun mencoba kepoh. “Ada apa mas ? Kok kayak nya bingung gituuu?” tanya gue sambil ngangkat kepala gue tanda kepengen tau apa yang membuat si tukang pos bingung. “Ini mas saya cuma mau ngecek hasil USG istri saya lagi, takut jenis kelamin anak saya tiba-tiba berubah.” Jawab si Tukang Pos sambil terus ngeliat ke arah lembar USG istrinya. Denger jawaban si Tukang Pos begitu, gue pun langsung lari ke lantai atas rumah gue dan langsung lompat indah dari jendela kamar rumah gue, “Emang nya situ masiiihhhh satuu keturunan sama ikan Masssssss” emosi gue tambah meluap denger jawaban si tukang pos. Si Tukang Pos pun pamit dan sekali lagi dengan gaya cool nya dia  memohon maaf atas peristiwa tidak mengenakan pagi itu, dia pun pergi meninggalkan pintu rumah gue dengan santai.

   Gue yang gak mau buang waktu lagi langsung merobek isi amplop putih dan ngeluarin kertas pengumuman kelulusan UN gue , dan ternyata gue lulus dengan nilai rata-rata yang tinggi. Nyokap gue yang tadi terlihat dalam keadaan orang yang diopname pun langsung lompat kegirangan, dan bokap gue pun  akhirnya tersenyum, suasana rumah pecah seketika. Gue juga bersyukur karna yakin dengan nilai rata-rata yang segini bakal gampang buat gue milih mau ngelanjutin sekolah dimanapun.

   Selang beberapa hari gue langsung survei ke sekolah-sekolah yang nanti nya bakal jadi tempat gue melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya. Dengan bekal uang tiga ribu Rupiah yang gue dapet dari hasil ngirit pengeluaran pulsa ala teori pengguna Esia, gue pergi ke warnet buat browsing  sekolah-sekolah Menengah Kejuruan yang deket disekitaran wilayah rumah gue.

    Yah sejak SMP gue emang berkeinginan ngelanjutin sekolah gue ke Sekolah Menengah Kejuruan a.k.a SMK, dengan alasan biar cepet langsung kerja. Gue yakin banget dulu kalo lulus SMK bakal gampang dapet kerja, karna pada waktu itu banyak iklan di TV dari Menteri Pendidikan kalo sekolah di SMK itu lebih mengedepankan pelajaran dari apa yang kita hadapi nanti di dunia kerja. Walaupun sekarang gue ngerasa nyari kerja dengan ijazah SMK itu kayak ngelamar cewek cuma modal beras se-liter.

   Cara survei sekolah lewat browsing di google pun membuahkan hasil. Gue dapet 4 refrensi SMK yang menurut gue masuk kriteria gue, yaitu deket dari rumah. Empat refrensi SMK yang gue dapet adalah SMKN 11, SMKN 27, SMKN 3, dan yang terakhir SMK Salero Bundo. Khusus yang terakhir gak bakal gue pilih setelah tau kepanjangan SMK disitu adalah “Sekolah Memasak Kerajaan” dan ternyata setelah gue selidiki itu adalah Rumah Makan Padang. Gue emang belum nambahin beberapa kriteria lain selain itu. Soalnya gue sendiri belom begitu faham tentang beberapa jurusan yang ada di SMK.

    Tapi yang jelas gue gak akan masuk ke SMK jurusan tehnik permesinan atau pun elektronika. Karna gue sendiri yakin gue gak punya bakat sama sekali di bidang mesin ataupun elektronika. Iyah gue berkaca ke pengalaman gue yang 3 kali kesetrum karna nyoba nyambungin kabel antena, sama cara ngebetulin TV gue setiap rusak dengan cara digebrak tabung nya, terus berharap TV gue berubah jadi Transformers.

     Setelah survei dengan cara browsing di Internet gue pun mulai nanya-nanya ke orang yang lebih ahli soal Jurusan-jurusan yang ada di SMK dan bidang apa yang diperdalam. Hal ini gue lakukan untuk menghindari kesalah memilih jurusan yang gue khawatirkan mengganggu kegiatan sekolah gue. Nah dari empat refrensi SMK yang gue punya pun mulai mengerucut jadi hanya satu pilihan. Iyah gue menjatuhkan pilihan gue ke SMKN 27 di seberang Pasar Baru.

   Gue milih SMKN 27 karena setelah dapet pencerahan dari mantan gue sebut saja namanya Kamboja (keabisan nama jenis bunga jadi terpaksa gue pilih kamboja walaupun agak horror). Dia cerita tentang abangnya yang sekolah disana dan langsung dapet kerjaan pas lulus sekolah.
       
   ” Eh aku denger kamu niat mau ngelanjutin sekolah ke SMK yah ?” Tanya Kamboja ke gue mencoba membuka topik pembicaraan.

   “Iyah aku pengen ngelanjutin sekolah ke SMK. Tapi aku masih bingung mau milih masuk ke SMK yang mana soalnya ada 3 refrensi SMK yang  sesuai     kriteria pilihan aku tapi aku sendiri  belum bisa milih salah satu dari mereka.”   

   “Kalo mereka udah sesuai sama kriteria kamu, kenapa kamu masih belum bisa milih salah satu  dari mereka?”

   "Mereka terlalu baik buat akuuuuuu.” Jawab gue sambil meremas rambut gue dengan kedua tangan gue

   Merasa pembicaraan gue yang udah mulai ngaco, Kamboja mencoba menenangkan gue dengan membacakan ayat Kursi. Lambat laun tubuh gue terasa panas dan mulai mengeluarkan bau asap ngebul. Setelah tubuh gue terasa membaik gue pun melanjutkan pembicaraan kita.
          
   “Emang refrensi sekolah kamu apa aja”  Tanya Kamboja melanjutkan pembicaraan. “Iyah yang pertama itu SMKN 11, yang kedua SMKN 27, dan yang terakhir SMKN 3. Tiga SMK itu yang aku rasa masuk kriteria aku karna paling deket sama tempat tinggal ku.” Gue mencoba membeberkan nama sekolah dan kriteria nya.
          
   “Ehh abang aku pernah sekolah di SMKN 27 lho, dia ngambil jurusan Perhotelan. Dan sekarang pun dia udah kerja di hotel. Kayak nya itu yang paling sesuai buat kamu deh, soalnya kan nilai Bahasa Inggris kamu juga bagus. Kata abang aku sih pelajarannya gak jauh-jauh sama bahasa asing gitu. Aku kan tau kamu tuh paling jago bahasa asing, terutama bahasa-bahasa hewan dan tumbuhan.”  Saran Kamboja buat gue yang agak absurd, dan terbesit selintas dipikiran gue buat ninggalin dia sendirian dijalan tol Cikampek, karna agak kesel ngedenger sarannya yang sedikit ngeledek gue. “ Wah kayak nya asik yah. Boleh dicoba yang penting sih buat aku terhindar dari jurursan yang bakal banyak pelajaran hitung-hitungannya.”  Jawab gue yang tertarik sama saran si Kamboja ini. Itulah dia sedikit jalan cerita bagaimana gue bisa menjatuhkan pilihan gue ke SMKN 27.

   Sampe pada tanggal pendaftaran siswa SMK, pagi buta gue mempersiapkan semua yang dibutuh kan buat daftar masuk SMK. Mulai dari Pas Foto, Akte, dan SKHUN gue siapin dan masukkin kedalem tas. Tepat pukul 8 gue yang didampingi bokap gue mulai melangkah menuju SMKN 11 di wilayah Pinangsia Jakarta Barat, ya SMKN 11 menjadi tempat pendaftaran buat anak yang berdomisili disekitaran Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.

    Walaupun jarak dari rumah gue ke SMKN 11 gak terlalu jauh, tapi bakal lumayan kalo lo pergi kesana nya sambil ngesot, dan bokap gue pun memutuskan untuk naik angkot 01 jurusan Stasiun Kota-Pasar Baru. Ditengah perjalanan gue dan beberapa penumpang lainnya terkejut setelah sadar kalo sopir angkotnya ketinggalan dibelakang.  Beberapa menit kemudian tibalah gue didepan pintu gerbang SMKN 11 yang udah rame sama anak-anak yang juga mau daftar masuk ke SMK Negeri.

     Semua prosedur pendaftaran gue ikuti satu persatu, setelah selesai di tahap registrasi gue sama bokap gue disuruh masuk ke ruang kelas, disitu kita dibagiin form buat daftar di SMK mana aja yang gue pilih.
          
     “Pa... papa aja nih yang ngisiin formnya, Dhika kan orang nya gak teliti, takut ada yang salah.” Alibi gue ke bokap gue supaya dia yang ngisiin Form punya gue. Karna peraturan di formnya tertulis kalo kertas harus ditulis menggunakan huruf kapital dengan bahasa Indonesia, sedangkan kalo gue yang ngisi formnya bisa berubah menjadi artefak Jawa kuno karna tulisan gue yang luar biasa artistik. Gue juga gak mau kalo nanti ada staff Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang lompat dari Tugu Monas cuma karna berusaha menterjemahkan apa yang gue tulis didalam form tadi.

     Kertas formnya gue kasih ke Bokap gue, dengan pandangan serius dia mulai mengisi kolom demi kolom form dengan pena yang terbuat dari bulu ayam peninggalan Douwes Dekker. Beberapa kolom pun sudah terisi, tinggal di bagian akhir yaitu nulis nama SMKN yang dituju.

     “Mau ditulis SMKN mana aja nih?” bokap gue ngasih unjuk kolom bagian sekolah yang dituju. “ Coba tulis aja Pa SMKN 11 jurusan Akuntansi, SMKN 27 jurusan perhotelan, sama yang terakhir SMKN 3 jurusan Akuntansi.” dengan yakin gue nyebutin semua sekolah yang gue tuju, bokap gue pun menuruti apa yang gue bilang tadi. Pikiran gue dari awal pas registrasi cuma fokus ke SMKN 27 yang nantinya bakal jadi tujuan gue melanjutkan sekolah, gak peduli sama dua SMK yang mau gak mau harus ditulis di Form sebagai formalitas aja dan juga gak memperdulikan urutan pendaftarannya. Karna terlalu yakin dengan Nilai Rata-Rata ujian gue yang tinggi. Setelah selesai gue pun pulang kerumah sambil menanti pengumuman di situs DEPDIKNAS nanti malam.

     Malam nya gue pun kembali ke warnet buat ngecek dan memastikan kalo nama gue ada di SMKN 27 sekaligus buat ngecek ada diperingkat berapa nama gue disitu. Ini dia gueee pun terkejut ketika gue cek nama gue pun gak ada di SMKN 27, sedikit paniiikkk lalu gue nyoba nelpon ke MC Delivery.

      “Selamat malam Mc Delivery, ada yang bisa saya bantu ???”
          
      “Ada nama saya gak atas nama Dhika Anugerah dengan N.I.K 4468398.”

      Petugas MC Delivery pun seketika membanting telponnya, dan dua menit kemudian gue denger restoran MC Donald terdekat dari rumah gue meledak. Gue pun melanjutkan ngecek nama gue di SMKN 11 Jurusan Akuntansi, ternyata nama gue nyangkuutttt di peringkat 10. Setelah gue inget-inget masalahnya ada di waktu gue ngisi kolom sekolah yang dituju, karna terlalu angkuh gue pun gak memperhatikan urutan nama sekolahnya. Jadi urutan yang bokap gue tulis itu
  • Pertama, SMKN 11, Jurusan Akuntansi
  • Kedua, SMKN 27, Jurusan Perhotelan
  • Ketiga SMKN 3, Jurusan Akuntansi
      Perasaan gue pun campur aduk antara kecewa, kesel, dan pasrah. Mau gak mau gue pun harus melanjutkan sekolah gue bukan disekolah yang gue harapkan, berat memang, apalagi setelah tau kalo jurusan Akuntansi itu kental dengan angka dan hitung-hitungan yang memang gue pun mengalami kesulitan untuk mencerna pelajaran itu. Karna udah gak ada waktu buat ngulang pendaftaran dan takut nanti malah gue gak bisa sekolah, akhirnya gue meneruskan sekolah gue di SMKN 11

      Tiga bulan pertama gue sekolah di SMKN 11 terasa seperti masuk penjara zaman Kolonial. Bukan karna lingkungan sekolah atau gurunya yang killer, tapi lebih ke pelajarannya yang gak gue suka. Sempat terbersit dalam fikiran gue buat pindah atau berenti sekolah, karna ngerasa gak sanggup ngikutin pelajarannya. Kedengerannya sih agak lebay, tapi ituu dia gue ngerasa masa depan gue selesai karna disuruh nerusin pendidikan di tempat yang emang gak bisa buat ngembangin bakat gue.

      Apapun yang terjadi The show must go on , gue yakin ini udah jadi Rahasia Tuhan yang gak bisa gue hindarin. Harapan yang gak sesuai sama kenyataan itu memang pahit gaess, tapi bukan berarti lo bisa mengutuk apa yang udah jadi ketetapan Tuhan.

       Jadi pelajaran yang mau gue bagi disini adalah “Sekeras apapun kita berusaha dan berharap yah cuma segitulah titik juang manusia. Karna yang menentukan selanjutnya adalah Tuhan.” Mungkin beberapa ada yang terasa pait, tapi percaya itu semua adalah proses mendidik lo kedepannya agar jadi lebih baik, inget Tuhan memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.


-Aku, Kamu, dan Rahasia Tuhan-
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Kadang Kenyataan Gak Sesuai Harapan"