Dhika Anugerah Blog

Orangnya asik kok, gak banyak nuntut. Baca aja dulu kalo suka makasih yah kalo belum suka yah baca lagi :)

Tiga Jam Itu Punya Kita Kak ...

Dulu gue sering banget pergi ke rumah Uwa gue di Bekasi. Karena tuntutan ekonomi yang makin menghimpit mendorong gue buat sering pergi kesana ngebantuin usaha produksi cemilannya dia. Biasanya gue pergi kesana setiap hari libur atau pada hari Jum’at sore, dan pulang kembali ke rumah pada hari Minggu sore atau malamnya.

Semua gue lakuin sejak kelas 2 SMK, karna sadar kedua adik gue udah mulai besar dan kebutuhan hidupnya makin banyak, jadi gue nyoba nyari uang saku tambahan sendiri dari sana. Gue gak mau terlalu ngerepotin orang tua dengan menambah beban pengeluaran mereka buat uang saku gue sekolah, karena mereka sendiri sudah cukup keras berjuang menghidupi ketiga anaknya dan memenuhi kebutuhan sekolahnya. Gue juga sadar sebagai anak pertama di keluarga, yahhh se’enggaknya gue bisa ngasih contoh yang baik buat adek-adek gue.

Usaha cemilan Uwak gue ini omzet nya lumayan, dengan penghasilan dari usahanya dia bisa nyekolahin kedua anaknya, bahkan salah satunya sampe bisa masuk salah satu PTN di Bandung. Dari segi kehidupannya pun beberapa kebutuhannya hampir semua bisa terpenuhi. Cemilan yang dia produksi sih gak terlalu banyak. Dia memproduksi cemilan berupa kacang goreng Thailand dengan berbagai macam rasa sama kue kering yang biasa di sebut “ciput”.

Disini gue gak bakal cerita tentang apa aja yang gue lakuin sewaktu ngebantuin proses produksi usaha Uwa gue. Soalnya gue gak pede menceritakan bagaimana seksinya gue, dengan kaos kutang dan celana pendek berkeringat didepan kompor dan penggorengan yang ukurannya bisa buat ngegoreng anak gajah yang kena Diare akut. Gue bakal cerita tentang salah satu perjalanan gue dari Jakarta ke Bekasi yang gak bakal bisa gue lupain.

Jum’at sore tepatnya pukul 14.30, gue bersiap buat berangkat ke Bekasi, dengan rapi satu per satu gue memasukkan baju dan celana ke dalam tas. Sebelum berangkat gue gak lupa buat mandi, dengan harapan kalo nanti selama di dalam bus gue duduk disebelah cewek cantik, dia gak akan berusaha pindah ke bus yang laen dengan cara loncat keluar dari jendela karna moodnya berubah setelah ngeliat penumpang disebelahnya dirubung lalat.

Setelah semua beres gue pamit sama kedua orang tua gue “Mah.... Pahh ... Dhika berangkat dulu yah,jangan khawatir Dhika gak akan macam-macam kok disana.Dhika bakal selalu ingat sama pesan Mamah, sama pesan Papa juga. Dhika gak akan ngecewain kalian, Dhika juga bakal jaga nama baik keluarga selama disana  .”  tiba-tiba gue ngeliat nyokap gue nangis, dengan bijak gue mencoba menenangkan nyokap gue yang suara tangisannya mulai terdengar
kayak Wonder Woman yang lagi PMS .

“Udah Mahh .. Gak usah nangis Dhika pergi gak lama kok, nanti juga hari Minggu pulang lagi.” Sambil tersedu-sedu nyokap gue pun menjawab “UDAH KEK KALOO MAU PERGII BURUUAAANNN JANGAN KEBANYAKAN NGOMONG !!! GUE JADI KETINGGALAN KAN ENDING FILM INDIANYAA !!!.”  Jawab nyokap gue diiringi tangis yang semakin menjadi-jadi. Gue yang tercengang denger kata-kata nyokap gue, cuma bisa terdiam sambil ngunyah sebongkah kemenyan, lalu gue semburkan tepat dijidat nyokap gue, sampe akhirnya dia bisa tenang.

Setelah acara pamitan yang mistis tadi gue beranjak meninggalkan rumah gue, sambil membawa tas berisi pakaian gue berangkat ke halte bus di Jembatan Merah.

Sebenernya ada banyak pilihan kendaraan umum buat ke Bekasi, tapi entah kenapa gue milih bus Mayasari Bakti P 27 jurusan Bekasi – Stasiun Kota. Mungkin gue udah ngerasa nyaman naek bus itu, jadi sulit berpaling ke alat transportasi lainnya.

Namun pada hari itu gue terpaksa menduakan pilihan gue setelah dikecewakan, iyahhh gue sampe halte Jembatan Merah kurang lebih jam 15.30, dan sampe jam 16.50 si P.27 ini tak kunjung datang. Gue yang sendirian nunggu bus mulai gundah, gue gak mau sampe ke Bekasi nanti terlalu larut malam. Akhirnya gue nekat nyoba nyetop kendaraan apapun yang lewat pake dengkul dengan celana jeans yang di gulung sampe ke paha, baru berapa menit gue melakukan itu, terjadi tabrakan beruntun karna seorang pengendara mobil yang melintas kena bronchitis setelah ngeliat keadaan gue di pinggir jalan.

Kesal bus yang gue tunggu gak dateng-dateng, sekilas dibenak gue terbayang nasehat sepupu gue yang kebetulan anak dari Uwa gue di Bekasi buat naek bus P. 9A Jurusan Senen – Bekasi. Waktu yang mulai mepet gue pun bergegas buat ke Terminal Senen, tentu jarak dari Jembatan Merah ke Senen itu lumayan jauh, jadi gue gak mau kalo nanti gue harus amputasi kaki karna maksa jalan kaki demi menghemat ongkos, dan gue memutuskan buat naek angkot .

Sesampainya di Terminal langsung gue nyari bus Mayasari Bakti P.9A yang disaranin sama sepupu gue itu. Lo semua pasti bisa bayangin gimana suasana di Terminal Senen saat Rush Hour, yapp penuh sesak kayak suasana Tawaf di Masjidil Haram. Lumayan lama gue nyari Bus P.9A itu, gue liat jam di Hape gue udah menunjukkan pukul 17.15. Seluruh penjuru Terminal Senen pun udah gue jelajahin tetep gak ketemu. Sampe gue nanya di supir taksi yang biasa mangkal disekitaran Terminal Senen.

“Misi bang ,,, maaf mau nanya, Kalo mau naek bus P.9A itu dimana yah?”

“P.9A yang jurusan Senen- Bekasi itu yah mas?”

“Iyah bangg yang ke Bekasi itu.”

“Oh kalo Bus yang itu mah, mas cari di sekitaranTerminal  Senen aja mas.”

Setelah denger jawaban si Supir Taksi itu rasanya pengen banget gue lari ngelilingin Terminal sambil bugil, nanya sama orang yang jawabannya gak penting dalam keadaan yang mendesak itu jauh lebih ngeselin ketimbang malu karena salah seragam pas masuk sekolah. “Lah mas ini kan di Terminal Senen, saya udah nyari kok  ngelilingin Terminal ini, tapi gak ketemu juga. Udah deh kalo gitu makasih yah mas.”. Gue pergi meninggal kan Supir Taksi tadi dengan raut wajah kecewa, karna usaha gue nanya ke dia gak berhasil.

Jam sudah menunjukkan pukul 17.25 gue udah setengah frustasi nyari Bus buat ke Bekasi. Gue yang putus asa akhirnya memutuskan buat pulang dan mengurungkan niat gue ke Bekasi hari itu, gue pikir besok pagi masih ada waktu buat berangkat kesana. Gue mulai melangkah meninggalkan Terminal Senen, bak gayung bersambut di depan Terminal gue ngeliat Bus P.9A terparkir menunggu penumpang, gue yang gak mau buang waktu lagi mempercepat langkah supaya kebagian tempat duduk nanti di dalam.
Beruntung buat gue, karna ada beberapa bangku yang masih kosong. Jujur pada saat itu gue udah gak mikir lagi buat nyari duduk dimana dan disebelah siapa. Gue cuma berpikir kalo ada bangku yang kosong pasti langsung gue tempatin, gak peduli kalo nanti harus duduk disebelah Ibu-ibu yang suka ngupil pake jempol kaki.

Sebelumnya gue kasih tau dulu, ciri khas bangku Bus Mayasari di baris sebelah kanan jumlah bangkunya itu 3, dan jumlah bangku di baris sebelah kiri itu jumlah bangkunya 2. Gue yang naek lewat pintu belakang Bus, langsung memutuskan buat duduk di bangku deretan nomor 2 dari belakang, iyah gue duduk di baris sebelah kiri. Tempat duduk favorit gue sebenernya tepat disebelah jendela, soalnya gue seneng mengamati hal-hal dari jendela sepanjang perjalanan, tapi ternyata tempat itu udah ada yang nempatin. Jadi mau gak mau gue duduk disebelahnya.

Gue duduk disebelah cewek, dan hanya hal itu yang gue liat pas pertama kali duduk disebelahnya. Karena masih sedikit kelelahan setelah muter-muter Terminal Senen buat nyari Bus, gue sama sekali gak memperdulikan orang yang duduk disamping gue dan bagaimana ciri-ciri orangnya.

Setengah jam bus P.9A itu ngetem di depan Terminal Senen, dan baru mulai bergerak jalan setelah bus P9A yang lainnya datang. Bus mulai bergerak perlahan meninggalkan Terminal Senen, gue liat jam di hape gue menunjukkan pukul 18.05.

Ketika Bus mulai berada jauh dari terminal, terlihat beberapa pedagang mulai mencoba naik ke dalam Bus dan menjajakan dagangannya kepada para penumpang, meskipun kondisi bus yang sempit, gak menyulutkan semangat mereka untuk tetap mengais rezeki dengan berjualan di dalam Bus. Pedagang di Bus memang cukup beragam, dari pedagang makanan sampe pedagang alat-alat rumah tangga pun ada di dalam Bus.

Gak ketinggalan para pengamen bergantian menyanyikan lagu mereka. Kadang beberapa suara pengamen di Bus ada yang enak di dengar, tapi kadang ada juga ada pengamen yang suaranya mirip kentut kuda yang pantatnya lagi sariawan, demi menjaga kesehatan telinga, biasanya kalo ada pengamen yang suaranya kayak gitu gue langsung pura-pura kena epilepsi kronis.

Beberapa pedagang yang ada didalam Bus itu terlihat biasa dan gak menarik perhatian gue, karena dagangan yang dibawa sama seperti pedagang lainnya, penampilannya standar, dan intonasi suara mereka pun terdengar biasa saja.

Padahal menurut gue, kalo mau jadi pedagang yang menarik perhatian penumpang di dalam kendaraan umum itu harus beda dengan pedagang lainnya. Pedagang jajanan kayak tahu dan gorengan di dalem bus itu udah biasa banget, mungkin bisa dicoba dengan menggunakan jasa Sales Promotion Girls (SPG) dengan pakaian seksi agar terlihat lebih menarik, dan sasaran dagangnya adalah om-om genit yang masih sering naek kendaraan umum. Karena biasanya para Pedagang yang jualan di dalem kendaraan umum itu gak pernah mempedulikan penampilannya. Padahal penampilan itu salah satu daya tarik dagangan yang dijualnya, lo gak mungkin mau beli makanan sama pedagang yang kerak ingusnya sampe ke kuping, atau pedagang yang beleknya membentuk kristal es di matanya, ppffftt gue akuin itu terlalu lebay dan menjijikan .

Kembali ke cerita gue di dalem Bus. Setelah kelelahan gue mulai luntur perlahan gue mencoba mencuri-curi pandang ke arah penumpang disebelah. Ternyata penumpang disebelah gue adalah cewek yang menurut gue mukanya manis kayak es tebu yang dicampur sama gula aren, dan wajahnya sedikit meredakan mata gue yang kena iritasi karena ngeliat pemandangan padatnya jalanan Ibukota pada jam-jam pulang kerja. Dari perawakannya gue nebak-nebak kalo umurnya sekitar 4 tahun lebih tua dari gue.

Jam di hape gue menunjukkan pukul 18.45, sekitar 40 menit Bus jalan meninggalkan Terminal Senen, dan selama itu pula gue bersikap dingin sama penumpang yang ada disebelah gue. Jujur gue bukan orang yang suka sok-sok akrab sama beberapa penumpang bus yang duduk disebelah gue, apalagi harus memberanikan diri berkenalan dengannya. Karena gue selalu kesulitan mencari topik pembicaraan dengan orang yang baru gue kenal, terakhir gue melakukan hal itu gue dituduh tim Marketingnya Ki Joko Bodo karena mencoba ngobrol dengan topik JUAL BELI ANAK JIN online.

Keadaan jalanan pada saat itu luar biasa macet, dan gue pun agak jenuh dengan pemandangan kendaraan yang berserakan diluar, maupun pedagang yang sedari tadi gak ada habisnya bergantian berjualan didalam.

Tiba-tiba ada seorang ada pedagang yang menarik perhatian gue. Pedagang ini menarik perhatian gue karena benda yang dijual nya beda dengan pedagang lainnya, dia menjual pulpen yang dia juluki “Pulpen James Bond”. Jadi “Pulpen James Bond” itu pulpen yang goresannya hanya bisa diliat melalui sinar Ultraviolet yang ada di belakang pulpen itu sendiri. Rupanya gak cuma gue yang tertarik sama pulpen itu, tapi cewek yang duduk disebelah gue pun ikut tertarik.

Dengan antusias dia memperhatikan pedagang yang sedang mendemonstrasikan cara kerja “Pulpen James Bond” kepada seluruh penumpang sampe selesai, lalu melakukan standing applause dengan kedua kakinya karena takjub melihat kinerja pulpen tersebut. Gue dan dia yang tertarik  akhirnya membeli  “Pulpen James Bond” tersebut.

Setelah membeli “Pulpen James Bond” tadi, cewek yang duduk disebelah gue  mulai terlihat autis, dia nyoret-nyoret tangan nya dengan pulpen yang dibelinya sambil menyorotkan sinar ultraviolet kearah tangan yang dia coret-coret tadi. Selang beberapa menit dia terlihat panik karena tulisan ditanganya typo dan gak bisa dihapus.

“Mas, ini gimana yah cara ngapus nya? Kok dari tadi saya gosok-gosok gak ilang-ilang? Saya takut nanti saya tiba-tiba berubah jadi manusia mutant gara-gara kena radiasi coretan dari pulpen ini.” dia mencoba bertanya ke gue sambil mengulurkan tangannya yang dia coret-coret dengan nama silsilah keluarganya .

“Wahh saya gak tau mbak, ini coretan saya aja gak ilang-ilang mbak dari tadi ...” jawab gue sambil ngunjukin cahaya sinar ultra violet di pulpen itu kearah coretan di area sekeliling ketek gue, dia pun terkejut dan menjerit setelah ngeliat bentuk coretan di ketek gue.

“Massss ... kok bentuk coretannya gituuu .. tebel bangett .... “

“ Yang manaa ??? “

“ Itu yang sebelah kiri ... “ nunjuk kearah pojok kiri ketek gue

“ Ohhh itu mah daki ... “

“ Kok kalo disorot mengkilap yah? Kayak emas batangan.”

“ Iyah ini daki sengaja dikumpulinn , jadi kalo Indonesia kena Inflasi baru dikerok abis itu dijual” gue mulai bete ..

“ Haha aku cuma bercanda kok. Eh iyah nama kamu siapa?” tanya dia kembali

“ Nama saya Dhika, Mbak sendiri siapa ?”

“ Nama aku Zahra, eh jangan panggil mbak dong keliatannya aku kayak tua banget. Panggil aku Zahra aja.”

“ Hmm gak enak ah kalo aku manggil nama, soalnya aku kan lebih muda dari mbak. Gimana kalo aku panggi kakak aja ?”

“ Boleh juga tuhh. Oh iya kamu mau kemana?”

“ Aku mau ke Bekasi Kak. Kakak sendiri mau kemana? Abis pulang kuliah yah ?”

“Aku juga mau ke Bekasi. Gak kok ,,, aku gak kuliah di Jakarta. Tapi aku kuliah di Amsterdam sana .”

Denger jawaban dia tadi gue agak sedikit kaget “Hmmm kakak kuliah di Amsterdam? Di Belanda?”

“Bukan .... Di Pecenongannn!!! “ jawab dia agak sedikit kesel karena pertanyaan retoris gue. “Kamu sendiri masih sekolah apa udah kerja?” dia kembali bertanya

“Kalo aku masih sekolah kak baru kelas 2 SMK”

Yahh karena “Pulpen James Bond” tadi gue punya bahan ngobrol sama dia, kita ngobrol panjang lebar, cerita tentang kehidupan masing-masing dan dia pun bercerita bagimana pengalaman dia tinggal dan kuliah di Amsterdam. Perjalanan pada saat itu pun jadi gak ngebosenin walaupun kondisi di dalam bus mulai penat disebebkan penumpang yang berdatangan memenuhi setiap sela-sela di dalam bus, dan kondisi diluar dengan kemacetan yang luar biasa. Rasa-rasa nya gue pengen mengucapkan terima kasih sama si penjual pulpen tersebut, karena dagangannya gue bisa kenalan sama cewek secantik Kak Zahra.

Waktu menunjukkan pukul 19.20 dan Bus belum bisa masuk ke jalan Tol karena masih terjebak di kemacetan jalan. Gue yang masih terus asik ngobrol sama kak Zahra di dalam bus dikejutkan sama tingkah laku sang sopir bus yang mulai frustasi dan mencoba mengemudikan bus dengan menggunakan punggungnya.

Sang sopir bus kesal, karena sedari tadi Bus nya gak sedikit pun bergerak maju, dia pun mulai sering menggerutu “AAAAHHH KALO TERUS BEGINIII MENDING DIPINDAHKANNN SAJAAA IBUKOTA KE  DAERAAHH SUMATERA SANAA !!! ” Curhat sang sopir kepada orang disekitarnya dengan logat batak dan nada yang meninggi menandakan kalo dia sedang emosi. Sang sopir yang sudah kesal dari tadi, emosinya tambah memuncak setelah kendaraan di belakangnya mulai sering membunyikan klakson, sang sopir yang tampak geram mendongakkan kepala ke jendela dan marah-marah sambil menyebut seluruh penghuni kebun binatang.

“EHHH BERANII KAUU MONYETT, BABIII, ANJING, KAMPRET, BUAYA, SINGA, KADAL, KOMODO, SUDARTO, WAHIDIN, NGATIYEMMM, PARYONOOO!!!” Bentak sang sopir sambil menyebut seluruh penghuni Kebun Binatang termasuk nama-nama pengurusnya. Keadaan yang sempat memanas itu pun mulai reda ketika kepala Sang Sopir di kompres pake Kanebo sama kondekturnya.

Tak terasa 1 jam gue ada di dalam bus dengan perjalanan yang dihiasi kemacetan Jakarta yang melegenda. Gue cek kembali jam di hape gue dan waktu menunjukkan pukul 19.55, akhirnya laju bus mulai lancar karena sudah melewati wilayah jalan di Jakarta yang terkenal macet. Sementara perbincangan gue dan kak Zahra masih terus berlanjut.

“Kakak udah lama kuliah dan tinggal di Belanda?” tanya gue yang kepoh sama Kak Zahra.

“Udah lama kok, setelah aku lulus SMP. Karena waktu kakek aku yang tinggal di Amsterdam meninggal, Papah nyuruh aku tinggal disana nerusin studi aku sekalian buat nemenin dan ngejagain nenek. Papah takut kalo kelakuan nenek jadi liar karena depresi ditinggal kakek, aku juga takut kalo nanti nenek aku stres dan mulai nyilet-nyilet nama kakek ditangannya. Aku gakk bisa biarin ituuu, soalnya aku tau sejak kecil kalo nenek buta huruf.”

“ Terus selama kakak disini siapa yang jagain nenek disana?”

“Nenek aku ikut ke sini juga kok, katanya sekalian liburan di Jakarta.”

Gue mulai ngerasa kalo posisi bus dalam kedaan menanjak, yap ternyata bus mulai memasuki gerbang tol. Rasa kantuk pun mulai menyeruak di sela-sela kelopak mata, efek kelelahan pas ngejar Bus tadi ternyata mulai terasa.

Rasanya pengen banget gue memejamkan mata sekejap untuk sedikit melepas lelah, tapi tatapan mata Kak Zahra seolah berbicara “Please jangan tinggalin aku tidur, kamu tega kalo aku nanti ngobrol sama kondektur, kalo nanti aku dilecehkan sama dia gimana?”.

Sekuat tenaga gue melawan rasa kantuk gue, dan mencoba untuk terus mendengarkan sekaligus menanggapi semua cerita kak Zahra tentang kegiatan dan pergaulannya selama di Amsterdam. Beberapa kali juga gue ngeliat kak Zahra heran ngeliat beberapa hal yang ada di Jakarta yang selama ini gak pernah liat di Amsterdam, misalnya:

“Eh liat deh masa ada motor lewat trotoar ” sambil nunjuk kearah trotoar

“Coba deh kamu liat kesana masa ada warung makan yang jual paku” sambil nunjuk kearah warung makan

“Ihh keren yahh .. liat tuh disana, masa ada atraksi mobil di jalanan kayak gini .. keren yah?” Sambil nunjuk kearah mobil angkot yang nge-drift pake kaca spion, ngedenger kak Zahra yang agak kaget dan terpukau begitu gue cuma bisa mengangguk sambil senyum-senyum aneh.

Meskipun sudah ada di jalan Tol, tetap aja jalanan padat sama kendaraan yang ada, mau tidak mau kendaraan yang lewat harus memperlambat lajunya. Akibatnya Bus baru keluar di gerbang Tol Bekasi Timur pukul 20.50.

“Kakak nanti turun dimana?” tanya gue ke Kak Zahra sambil berharap kalo nanti tempat kita turun dari bus sama.

“Nggh ... aku turun gak jauh dari gerbang Tol Bekasi Timur kok, sebentar lagi nih.” Jawabnya sambil melihat-lihat ke arah luar jendela.

Gue gak mau kalo komunikasi ini hanya berlangsung pada pertemuan ini doang. Jadi sebelum dia turun minimal gue punya sesuatu yang bikin gue tetap bisa terhubung sama dia, sebenernya gue pengen minta nomer hape nya dia, tapi gak berani, gue takut salah etika mengingat usia gue yang terpaut 4 tahun lebih muda dari pada dia. Jadi terpaksa gue cuma minta nama akun Facebook nya.

“Kakak punya akun Facebook?”  tanya gue dengan nada agak malu-malu.

“Punya .. kamu mau?”

“Boleh kak boleehh aku mau dong ... “

Dia pun menulis nama akun Facebooknya dengan “Pulpen James Bond” yang tadi dia beli. Kemudian menyerahkannya ke gue dan langsung gue salin nama akun nya ke hape gue.

“Ini nama akun Facebook aku, eh iyahh aku udah mau sampe nih aku duluan yahh ... Seneng deh bisa kenal sama kamu.” katanya sambil melontarkan senyum kearah gue dan jalan meninggalkan bangku tempat tadi dia duduk. Tepat pukul 21.05 dia turun dan kita berpisah

Sesampainya di rumah Uwa gue, tempat pertama yang gue tuju adalah meja makan, karena perjalanan yang cukup panjang membuat sekelompok gembel di perut gue mulai melakukan unjuk rasa. Setelah makan gue langsung ke kamar sepupu gue dan minjem komputernya buat buka akun Facebook gue dan nge Add akun Facebooknya KhanzaZahraCelaluChayankNenekhandMamahPapah.

Perkenalan kami pun berlanjut di Facebook, tapi kali ini gue beranikan diri buat minta nomer telponnya. Seminggu gue komunikasi lewat Hape, mulai dari SMS sampe telponan sama kak Zahra. Gue nganggep kak Zahra ini udah kayak Kakak gue sendiri, karena ternyata dia orang nya asik diajak ngobrol dan curhat.

Tapi sayang cuma seminggu waktu gue buat ngenal dia lebih dekat, karena setelah itu dia harus kembali meneruskan pendidikannya di Belanda. Sebelum berangkat ke Belanda dia sempet ngirim pesan ke gue.

“Terimakasih yah adek, kakak seneng bisa kenalan sama adek. Iyah pertemuan dan perkenalan kita emang singkat yah, tapi sejauh ini udah begitu banyak kisah yang kita bagi, udah begitu banyak canda, tawa, dan duka yang kita lewati. Aku ngerasa nyaman bisa deket sama kamu walau hanya lewat telepon. Mungkin gak banyak hal yang bisa kita kenang, tapi sedikitnya itu aku harap bisa sangat berkesan. Terima kasih telah ada dalam daftar orang yang bisa buat aku senyum dalam keadaan lara. Oh iyah nanti aku udah gak pake akun Facebook itu lagi, soalnya akun Facebook itu mau di pake sama Nenek aku buat chatting sama Ratu Wihelmina. Sampai ketemu dalam kesuksesan nanti yah Adekku .. “

Besoknya gue coba ngecek akun Facebook nya dia dan namanya pun suda berubah jadi NeneknhaZahraEangCelalluMerindukanDhieyah. Nomer hapenya juga udah gak aktif karena perbedaan negara jadi dia harus ganti SIM cardnya yang baru, sayangnya gue gak sempet nanya soal itu.

Perkenalan yang singkat, tapi buat gue meninggalkan kesan yang mendalam. Gak banyak memang pelajaran yang bisa gue bagi disini. Tapi gue mencoba ngajak kalian belajar dari hal-hal kecil yang kalian gak pernah sadar akan hal itu. Gue sadar kalo setiap kenangan yang singkat itu bisa memberikan kesan yang mendalam apabila kita menjalaninya dengan hal-hal yang baik.

Gue juga belajar kalo sesuatu kadang berjalan tidak seperti biasanya, gue yang sempet frustasi gara-gara hampir gak dapet Bus buat ke Bekasi dan berpikir itu adalah perjalanan terburuk gue, ternyata malah jadi salah satu perjalanan yang gak bakal bisa gue lupain sampe sekarang. Intinya setiap hal buruk yang ada dalam kehidupan kita, yakin saja bahwa akan ada hal indah yang terselip dibaliknya. Gak akan ada pelangi jika tak ada mendung sebelumnya.