Dhika Anugerah Blog

Orangnya asik kok, gak banyak nuntut. Baca aja dulu kalo suka makasih yah kalo belum suka yah baca lagi :)

Online Branding Strategy

Artikel ini di-publish semata-mata untuk menjawab pertanyaan Mrs. Dana Oktaviana dari Ydigital Asia, dan akan dihapus setelah saya bergabung bersama Ydigital Asia. Maaf saya baru bisa kirim dan selesaikan sekarang, dan mohon maaf juga apabila ini diketik dengan seadanya. Ini dikarenakan saya sulit untuk mendapatkan waktu senggang untuk mengerjakannya, dikarenakan head SEO di kantor saya sudah hampir seminggu tidak masuk kantor.

Pertama jika dianalisa dari kasus tersebut, maka yang dibutuhkan adalah online branding yang berguna untuk menangkal atau mereduksi dampak negatif dari artikel tersebut. Untuk itu maka saya membuat beberapa strategi online marketing yang bisa diterapkan kedepannya :

Social Media Build Up

image source : digitalmarketer

Untuk membangun nilai kepercayaan terhadap brand personal ataupun perusahaan, social media adalah salah satu elemen penting dalam internet marketing. Sosial media adalah platform terbaik untuk engaged dengan customer. Dengan kemampuan menjangkau pasar yang cukup tinggi, sosial media juga merupakan platform terbaik untuk membangun kredibilitas brand atau campaign yang sedang dikerjakan.

Google Business Profile

image source : coughlin

Untuk terus membuktikan bahwa campaign yang kita kerjakan memiliki kredibilitas tinggi dalam dunia online maka diperlukan Google Business Profile yang tersambung langsung dengan website ataupun personal profile campaign tersebut. Dengan demikian nilai kepercayaan dari para user ataupun pengunjung website akan tetap terjaga, karena nama ataupun produk yang dicari akan muncul di mesin pencari, beserta informasi terkait seperti alamat, jam operasional, informasi website, dan pemilik perusahaan/produk.

Jangan lupa untuk menampilkan review dari para customer atau kerabat dekat dengan form yang tersedia di halaman Google Business Profile campaign, semakin banyak review yang baik maka popularitas serta kredibilitas brand atau campaign yang sedang kita kerjakan pun akan membaik pula.

Forum Signature

image source : digitalmarketer

Forum-forum online juga merupakan salah satu elemen penting yang akan mendukung pada saat kita akan menaikan popularitas brand atau campaign yang sedang dikerjakan. Dengan sering aktif menyebarkan informasi positif campaign yang sedang kita jalani, maka hal ini pun akan berdampak positif guna meningkatkan Authority dari website anda. Jangan lupa juga dalam setiap postingan forum yang akan dibagikan untuk diselipkan link website atau blog pribadi campaign di area signature. 

Blog Review Placement

image source : digitalmarketer

Bekerja sama dengan para blogger untuk menuliskan review terhadap campaign anda di dalam blog mereka masing-masing. Hal ini akan mendongkrak online authority website anda dalam mesin pencari sehingga dari banyaknya info mengenai website atau campaign yang anda kerjakan di mesin pencari, maka tingkat kredibilitas anda akan semakin tinggi pula. Tak lupa juga untuk memberikan link dalam setiap postingan tersebut yang mengarah kepada website atau blog pribadi.

Internal Web Authority

image source : hubspot

Langkah berikut saya sebut sebagai internal web authority, karena proses ini akan berkaitan dengan 3 website yang diberikan guna untuk dimanfaatkan sebagai online branding. Ketiga website tersebut akan digunakan sebagai landasan informasi penunjang dari campaign tersebut sekaligus salah satu sumber backlink utama dari moneysite (website yang dioptimasi).

Email Blast

image source : hadfield

Email blast ini dilakukan terhadap customer maupun subscriber yang telah sign up melalui moneysite, email blast yang disebarkan harus berisikan informasi positif dan relate agar dapat menaikan kredibilitas dari perusahaan maupun personal profil tadi, email blast tadi juga bisa langsung diarahkan ke moneysite atau melalui 3 website yang sudah diberikan tadi.

Melakukan Analisa Bisnis

image source : linkedin

Namun, sebelum melakukan semua hal di atas, kita harus melakukan analisa bisnis terlebih dahulu. Analisa bisnis ini berguna untuk :

  • Memperluas visitor untuk website
  • Mengetahui target pasar (usia, wilayah, dan sebagainya)
  • Meningkatkan tingkat konversi (jika website yang dikerjakan e-commerce)
  • Menentukan keyword yang akan dioptimasi di mesin pencari Google


Untuk strategi SEO seperti Pyramid Link Building dan lain sebagainya, baru akan saya jelaskan jika saya sudah bergabung dengan Ydigital Asia.

Demikian strategi yang saya akan jalankan berdasarkan hasil analisa terhadap kasus yang diberikan oleh Ydigital Asia, semoga ini dapat menjawab permasalan tersebut, dan dengan ini juga saya dapat cepat bergabung dan berkontribusi terhadap perusahaan anda.

Share this article :
+
This is the current newest page
0 Komentar untuk "Online Branding Strategy"